Cara Koreksi Transaksi Penjualan Pada Zahir

Kesalahan dalam input transaksi harian adalah hal yang wajar apalagi bagi mereka yang dikejar entry data dari bulan-bulan sebelumnya. Kecepatan entry data untuk menghasilkan laporan keuangan itu tidak salah, namun akan lebih baik jika memperhatikan ketepatannya juga.

Didunia keuangan dikenal anekdot GiGo ”garbage in, garbage out”. Artinya, jika data yang dientry user salah maka akan menghasilkan laporan keuangan yang salah. Bayangkan jika laporan keuangan yang disajikan ke manajemen tidak valid, tentu akan menghasilkan keputusan manajemen yang keliru.

Bagi mereka yang telah menggunakan alat bantu software seperti Zahir, koreksi transaksi tidak bisa dilakukan begitu saja apalagi transaksi yang akan dikoreksi terkait dengan modul yang lainnya.

Berikut cara perbaikan/koreksi transaksi penjualan di Zahir :

Transaksi penjualan yang salah di entry dapat langsung dikoreksi dengan syarat, belum pernah entry transaksi pembayaran piutang atas transaksi penjualan tersebut.

Namun jika transaksi penjualan sifatnya tunai, Anda dapat lakukan koreksi langsung. Caranya; Klik modul Penjualan > Daftar Transaksi Pengiriman Barang/Penjualan > Cari transaksi yang akan dikoreksi > Klik kanan > Perincian

Jika sudah terjadi pembayaran piutang atas penjualan tersebut, hapus transaksi pembayaran piutangnya terlebih dahulu baru transaksi penjualannya dapat dikoreksi.

Langkah diatas berlaku juga untuk pembelian.

*Tips; jika kolom uang muka/terbayar memiliki nilai, artinya sudah ada transaksi pembayaran piutang atas penjualan tersebut (penjualan yang sedang Anda buka/lihat perinciannya)

Demikian cara koreksi transaksi penjualan di Zahir